Metode Baru dalam Pengobatan selain Transplantasi Sel Punca

Produk Metabolit Sel Punca & Sel Dewasa Metode Baru Dalam Pengobatan Berbasis Non-Sel Punca & Non-Sel Dewasa

Saat ini, Stem Cells atau sel punca di manfaatkan sebagai metode penyembuhan berbagai penyakit degeneratif. Meliputi pada penyakit diabetes tipe satu, kanker, jantung, stroke, dan sindrom parkinson. Sel punca merupakan master sel pada tubuh yang dapat menghasilkan sel fungsi khusus.

Berdasarkan penjelesan di atas sel punca akan membelah diri menjadi beberapa sel yang di sebut sel anakan (daughter cell). Sel anakan akan menjadi sel punca baru (repairing character) atau menghasilkan sel dengan fungsi yang lebih spesifik dan matang, seperti sel darah, sel otak, sel otot jantung dan sel pada tulang.

Jika terdapat kerusakan jaringan pada tubuh yang di sebabkan penyakit yang di derita maupun saat terapi. Maka, memperbaikinya dapat menggunakan transplantasi sel punca. Sel punca berasal dari beberapa sumber di bagian tubuh, seperti:

  1. Embryonic Stem Cell, sel yang berasal dari embrio berumur tiga sampai lima hari (blastocyst step). Nama lainnya pluripotent (ploo-RIP-uh-tunt) stemcell, sel yang dapat terbagi menjadi beberapa sel punca atau sel apapun di dalam tubuh.
  2. Adult Stem Cell, jumlahnya tidak sebanyak Embryonic Stem Cell. Hanya ada beberapa pada jaringan orang dewasa, seperti tulang sumsum atau lemak. Jika di bandingkan dengan Embryonic Stem Cell, sel ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk meningkatkan jumlah sel di dalam tubuh, beberapa penelitian menyatakan bahwa adult stemcell hanya bisa membentuk sel darah.

Kelebihan dan Kekurangan

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam proses perbaikan sel. Adapun kekurangan penggunaan Sel Punca dalam tujuan klinis yaitu:

  1. Adult Stem Cell: Penggunaanya terbatas karena hanya dapat di aplikasikan pada tubuh pasien itu sendiri.
  2. Embryonic Stem Cells: Memiliki beberapa perdebatan dalam proses pembentukannya. Di karenakan prosesnya menggunakan sel ovum dan sperma di luar tubuh dengan berbagai perdebatan.
  3. Ttransplantasi sel punca perlu melalui seleksi ketat agar tidak timbul alergi dan biaya yang besar untuk menyimpan sel dalam suhu dingin menggunakan cairan nitrogen.

Dari penjelesan di atas kita dapat menyempulkan bahwa terdapat metode lain yang di sebut produk metabolit sel punca atau Secrected Stem Cells yang dapat menghasilkan Growth Factor pada sel, sehingga merangsang perkembangan sel punca endogen dalam proses perbaikan jaringan yang rusak.

Baca Juga: Preparasi Sampel Jaringan Tumor Lebih Efisien dengan Ini

Sel yang digunakan untuk produksi produk metabolit yaitu Sel Punca Mesenkimal (Mesenchymal Stem Cells), kumpulan sel punca non-hematopoietik dan Sel yang berasal dari beberapa jaringan dewasa seperti sumsum tulang, jaringan adiposa, pulpa gigi, membran amnion, plasenta, dan cairan ketuban. Sebagai media perkembangan sel punca, Sel mesenkimal di gunakan untuk bisa memperbaiki kerusakan yang ada.

Transplantasi Stemcell

Adapun tahapan riset & pengembangan yang digunakan terdiri dari :

  • Persiapan sumber sel & sel punca
  • Isolasi sel & sel punca target
  • Perbanyakan
  • Isolasi produk metabolit (Secretome)

Sel ini akan melepaskan sekretom, yaitu zat yang terdiri atas Lipid Terlarut, Protein Terlarut, Materi Genetik (DNA/RNA), dan Extracellular Vesicles. Penelitian menyebutkan efek langsung penggunaannya saat di transplantasikan sangat sedikit yang bertahan, sehingga mengaktifkan growth factor akan lebih efektif.

Dalam kasus COVID-19, tim Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menemukan bahwa terapi sekresi sel punca menghasilkan sifat imunosupresif. Sifat penghambat proses penggandaan (proliferasi) sel penyebab kerusakan serta menggiring sel T menjadi regulator yang akan menurunkan jumlah zat yang berperan dalam peradangan (IL-6 dan TNF-alfa). Hasilnya pasien kritis COVID-19 yang melakukan terapi tersebut, berangsur pulih dan berhasil menekan level sitokin pada kasus Cytokine Storm dengan baik.

Ilustrasi 2 : Daftar produk pendukung riset & pengembangan produk metabolit (secretome) dari sel punca dan sel dewasa.

Metode ini tidak sepenuhnya bebas dari risiko, karena masih dapat terjadi potensi risiko lainnya. Adapun literatur yang dihasilkan juga belum memadai, karenanya masih butuh dilakukan banyak penelitian untuk mengetahui keefektifannya. Biosm bisa memberikan total solution untuk riset secretome dari hulu (riset dan produksi) hingga hilir (terapi). Jangan sungkan untuk bertanya melalui kontak di bawah ini.


Sampaikan Kebutuhan Riset Anda

Mohammad Zain (+62 81803108000/zain@biosm-indonesia.com)

Sumber:

Tinggalkan Balasan